Ingin Cepat Akrab Dengan Orang Asing?

Halloo… disini aku akan memberikan tips dan trik tentang bagaimana sih caranya, baru kenal semenit tapi serasa sudah kenal bertahun-tahun. Uraian dibawah ini, aku dapat dari pengalaman pribadi dan beberapa buku yang aku baca, jadi begini kalau ingin cepet akrab sama orang :

1. Banyak bertanya

Bertanya memang salah satu skill yang remeh tapi pengaruhnya besar sekali dalam menjalani hubungan baru dengan orang lain, ketika kita bertemu orang baru, baik itu dalam perkumpulan, di tempat umum atau dimanapun kita berada. Mulai lah dengan memberi pertanyaan yang ringan untuk memulai pembicaraan, seperti : ” Dari mana pak/bu?”, “Mau kemana pak/bu?” kemudian lawan bicara kamu menjawab ” dari sini” atau “mau kesana”. Sebagian orang akan melemparkan pertanyaan yang sama kepada kita, tapi tidak sedikit juga yang  cuek/dingin tanpa bertanya kembali. Tenang, jika kamu mendapati orang seperti ini kamu jangan kikuk dulu, semua yang yang mereka jawab, kamu harus buat pertanyaan lagi berdasarkan jawaban mereka. Contoh :

Di Stasiun Kereta api, K (Kamu) dan LB (Lawan Bicara)

K  : ” Mau kemana pak ?”

LB : “Ke Bandung”

*kemudian sepi

K: “oh Bandung, bapak dari mana gitu?”

LB: ” Dari Jakarta”

K : “Mau ketemu keluarga ya pak di Bandung”

LB : ” Oh ngga, saya punya teman disana, kebetulan lagi ada acara blablabla dst dst”

Nah, dari sana terus saja kamu beri pertanyaan, sampai bosan, sampai mulut kering deh. Itung-itung latihan perlancar komunikasi saja.

2. Sok Tahu

Sok tahu memang sering membuat orang jengkel pada waktu-waktu tertentu, seperti dalam pertemuan formal atau rapat di perusahaan. Tapi tidak ketika berkomunikasi dengan orang asing. Sok tahu disini bukan seperti ” Eh, Kamu tahu ngga, Kepala terminal ini kan punya istri dua”. Bukan, bukan seperti itu sok tahu-nya tapi seperti yang aku uraikan diatas ” Mau ketemu keluarga ya pak di Bandung?”. Jadi, buat pertanyaan tebak-tebakan dengan lawan bicara, tapi harus tau batasannya. Jangan sampai bertanya “Orang Tua kamu supir bus ya?”. Jangan, Jangan seperti itu. yang ringan dan logis aja, sesuai dengan kondisi dan situasi..

3. Jujur

Yang ketiga ini adalah jujur, jujurlah, mengawali pembicaraan ada baiknya bercerita tentang diri kita sendiri, tapi jangan buka-bukaan semuanya. Cukup dengan apa yang kamu rasakan ketika itu, seperti ” Panas banget ya cuaca hari ini”, atau jika kamu sedang sakit gigi “aduuhh, sakit gigi mengganggu sekali nih”. Aku yakin orang yang didekat kamu akan merespon, namun itu hanya berlaku di Indonesia, jika diluar negeri, paling kamu dicuekin. Nah, setelah orang lain merespon, kamu cobalah improvisasi, dengan memberi pertanyaan-pertanyaan ringan seperti yang diuraikan pada poin 1.

4. Mata jangan jelalatan

Bagian ini penting! Please jaga mata, jangan jelalatan melihat pada pakaian, sepatu, atau bagian yang lain. Fokus pada mata lawan bicara saja, apalagi jiga lawan bicaramu adalah wanita, tatapan mata sangat berpengaruh sekali. Jika kamu jelalatan dengan menarawang kepada hal lain pada orang tersebut, ini akan menimbulkan kecurigaan dan ketidaknyamanan dalam berkomunikasi. Hasilnya, lawan bicara akan tertutup pada kita.

5. Tertawalah

Banyak tertawa (jika ada hal yang lucu dan aneh), tapi ingat jangan tertawa jika memang lawan bicara tidak berbicara yang lucu atau aneh.  Tertawa yang normal saja, tertawa kecil cukup. Contohnya :

K : ” Memang bapak sendiri saja dari Jakarta?”

LB : ” Iya, tadinya saya sama teman, tapi temannya malah pulang duluan”

K: “hehehe, jadi bapak ditinggal gitu?”

Kira-kira seperti itu, ada lagi satu hal, setelah tertawa ada baiknya kamu bertanya persis dengan apa yang dinyatakan lawan bicara. Seperti contoh diatas, kita sudah tahu bahwa lawan bicara pergi sendiri karena ditinggal oleh temannya, tapi kita tetap merespon dengan ” hehehe, jadi bapak ditinggal gitu?”. Hal demikian akan mencairkan suasana diantara kalian, akhirnya keakraban mulai terasa.

Kesimpulannya jangan malu bertanya dahulu kepada orang lain, Sok tahu sangat membantu untuk memancing orang lain bercerita/berbicara, Jujurlah untuk berbasa-basi, Fokuskan pandangan agar tidak dicurigai, selanjutnya banyak tertawa, berilah kesan ceria agar orang lain nyaman berbicara dengan kita.

Semoga bermanfaat, Terimakasih…

5 thoughts on “Ingin Cepat Akrab Dengan Orang Asing?

  1. boleh tau buku apa aja yang udah dibaca bersangkutan dengan isi artikel ini ? saya juga sedang mencari referensinya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s