Cerdas Menggunakan Waktu

Saya yakin banyak diantara kita sering kehilangan waktu dengan sia-sia. Entah itu karena terlalu banyak tidur, berkumpul bersama kawan, atau habis untuk berselancar di internet. Saya baru saja membaca buku karya Daniel Ahsan yang berjudul “Bagaimana Menggunakan Waktu 8 Jam Setara Dengan Produktivitas 24 Jam”. Di dalam buku ini, ada satu bagian yang membahas waktu ideal untuk mengerjakan sesuatu. Sangat bermanfaat, hal ini bisa menjadi acuan untuk kita menggunakan waktu secara efektif dan efisien, mari simak ulasannya sebagai berikut:

Pukul 01.00-02.00

Pukul ini adalah fase tidur paling lelap. Pada saat itu aktivitas berbagai sistem organ banyak yang diistirahatkan. Namun bagi wanita hamil, progesteron akan meningkat sehingga peluang untuk melahirkan pada tengah malam pun selalu lebih tinggi.

Pukul 04.00-05.00

Jam-jam segini Suhu tubuh paling rendah

Pukul 05.00-06.00

Pada saat itu terjadi peningkatan tekanan darah paling tajam. Produktsi melatonin atau hormon yang memicu rasa kantuk mulai berhenti, sementara tekanan darah meningkat paling tajam dibanding waktu lainnya. Produksi kartisol atau hormon stres meningkat sehingga otak siap untuk bekerja seharian namun peningkatannya tidak sampai memicu stres

Pukul 07:00

Hormon seks meningkat. Peningkatan tosteron pada laki-laki maupun perempuan terjadi pada pagi hari, sehingga mampu membangkitkan gairah seks. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk bercinta. Ayo informasikan ini kepada pasangan anda!

Pukul 08:00

Pergerakan usus meningkat. Jam ini cocok untuk buang air besar (BAB) di pagi hari. Pada jam ini terjadi proses alamiah, yakni pergerakan usus paling tinggi pada waktu tersebut. Pengukuran berat badan paling akurat dilakukan pada pagi hari setelah buang air besar.

Pukul 09.00

Metabolisme paling tinggi. Waktu yang tepat untuk sarapan pagi karena terjadi peningkatan metabolisme. Lemak-lemak yang diserap dari makanan tidak akan banyak menumpuk.

Pukul 09.00-11.00

Waktu terbaik untuk mencari ide. Pada waktu ini, hormon stres kortisol anda berada dalam kadar sedang. Hal ini akan sangat membantu anda untuk berpikir fokus. Menariknya, kondisi ini dialamai oleh semua golongan umur. Gunakanlah waktu ini untuk mengerjakan tugas yang membutuhkan analisis dan konsentrasi, mengembangkan ide-ide baru, membuat presentasi, dan brainstorming mencari solusi tantangan besar atau kecil Bagi yang mulai memasuki usia paruh baya, pikiran akan lebih jernih di pagi hari sehingga mulailah atur jadwal untuk berdiskusi masalah pekerjaan atau pribadi.

Pukul 10.00-11.00

Kewaspadaan tinggi. Ibarat mesin diesel, tubuh dan pikiran sudah panad dan mencapai kondisi ideal untuk beraktivitas saat menjelang siang. Tingkat kewaspadaan tinggi, jarang ada yang mengantuk kecuali memang sedang kurang tidur.

Pukul 11.00-14.00

Stres Meningkat. Jeda istirahat dibutuhkan untuk memberi kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk menyegarkan diri. Makan sian di luar bisa menyegarkan pikiran sekaligus membiarkan tubuh terkena sinar matahari yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jam-jam ini juga merupakan waktu terbaik untuk tugas tersulit. Hormon tidur bernama melatonin di otak anda sedang menurun drastis sehingga anda siap mengerjakan tugas-tugas. Gunakalanlah waktu ini untuk mengerjakan tugas-tugas kantor, menjawab e-mail klien, dan memberikan presentasi pada bos atau klien.

Pukul 14.00-15.00

Koordinasi  terbaik. Melakukan banyak hal sekaligus paling cocok dilakukan pada siang hari karena kemampuan otak untuk melakukan koordinasi berada pada titik tertinggi. Di sisi lain, proses pencernaan makanan belum selesai sehingga kemampuan fisik agak berkurang. Jam-jam ini juga merupakan waktu terbaik untuk istirahat. Anda bisa menjadi sangat tidak produktif, apalagi selesai makan siang. Penurunan suhu tubuh yang membantu menenangkan untuk tidur di malam hari akan juga terjadi pada jam ini. Selain itu, untuk mencerna makan siang anda, tubuh harus menarik darah dari otak ke perut, otomatis setelah makan siang, tubuh anda pun berharap bisa beristirahat sejenak untuk mencerna makanan tadi. Gunakanlah waktu ini untuk menarik nafas, berdoa, peregangan, jalan cepat sejenak di sekitar kantor atau minum air putih. Cara-cara ini sangat baik untuk mengalirkan darah dari perut ke otak sehingga bisa mengurangi rasa kantuk.

Pukul 15.00-17.00

Denyut jantung paling stabil. Jika ingin berolah raga, sore hari adalah waktu paling tepat karena level adrenalin berada di level tertinggi. Selain itu, denyut jantung dan tekanan darah paling stabil sehingga cocok untuk melakukan aktivitas fisik.

Pukul 15.00-18.00

Waktu terbaik untuk kerja sama. Otak anda mulai menunjukkan tanda kelelahan sehingga pikiran anda tidak setajam waktu-waktu sebelumnya. Gunakanlah waktu ini untuk brainstorming dengan rekan kerja atau rapat dengan tinggat ketegangan rendah. Jika anda sudah pulang kerja di akhir jam ini, gunakanlah waktu untuk menguatkan otak, misalnya dengan mengerjakan aktivitas berbeda dari pekerjaan biasanya olah raga.

Pukul 17.00-20.00

Proses pembuangan racun. Fungsi hati dalam memproses racun-racun sisa metabolisme paling tinggi pada sore hari sehingga perlu didukung dengan minum air putih. Keinginan untuk mengemil juga tinggi karena kemampuan indera penciuman dan perasa meningkat

Pukul 20.00-22.00

Metabolisme dan pergerakan usus berkurang. Karena aktivitas fisik berkurang maka pembakaran energi tidak banyak terjadi di malam hari. Artinya, jika makan di malam hari, maka cadangan energi yang disimpan dalam bentuk lemak juga akan semakin banyak.

Pukul 22.00-23.00

Hormon seks meningkat lagi. Dibanding pagi hari, peningkatan libido atau gairah seks pada malam hari tidak terlalu tinggi karena secara fisik sudah kelelahan. Tapi peluang terjadinya ovulasi dan pembuahan paling tinggi pada hubungan seks malam hari menjelang tidur ketimbang pagi hari.

Nah sekarang kalian sudah tahu, kapan saja waktu yang baik untuk beristirahat, berolahraga, bekerja dan mengembangkan ide-ide, bahkan untuk bercinta. Jadi mulai sekarang, buatlah agenda dengan sebaik-baiknya. Karena waktu yang sudah hilang tak akan pernah kembali. Ada istilah kekasih hilang bisa dapatkan yang baru lagi, uang habis bisa dicari lagi. Tapi waktu? tidak ada satu cara pun untuk mendapatkannya kembali. Jadi cerdas lah menggunakan waktu!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s