Komunikasi Lebih Dari Sekedar Kata-kata

Komunikasi, ya hal ini yang sering kita lakukan setiap waktu dalam hidup kita. Karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, maka komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi kita. Tapi tahukah anda, ketika kita berkomunikasi dengan lawan bicara, hal yang diperhatikan dari kata-kata yang disampaikan hanya sebesar 10%, 27% intonasi suara (lemah, sedang atau keras) dan terakhir 63% adalah gerak tubuh.

Saya baru saja membaca buku berjudul “Selling Sucks” karya Frank J. Rumbauskas Jr. Di buku tersebut, dalam perspektif tenaga penjual tentunya, dan tidak menutup kemungkinan bisa juga dipraktekan dalam kehidupan kita sehari-sehari, yakni tentang bagaimana menjadi orang yang menyenangkan sekaligus meyakinkan bagi lawan bicara kita. Menurut Rumbauskas, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika kita berbicara dengan orang lain. Ulasannya sebagai berikut:

–¬†Tenanglah Ketika Berbicara

Bicara terlalu cepat mengindikasikan kita sedang nervous atau grogi. Bicara terlalu cepat selain menunjukan rasa tidak percaya diri dapat pula membuat salah pemahaman di telinga lawan bicara. Ini sudah jelas sekali, orang percaya diri bicara sangat tenang dan jelas. Coba saja perhatikan pejabat atau tokoh-tokoh ketika berbicara, mereka berbicara tenang dan santai. Orang bicara cepat, sekali lagi dinobatkan sebagai orang yang gugup. Jika kita gugup, orang lain tidak akan tertarik untuk menyimak lebih lanjut.

– Jangan bicara “Betul Gak?” atau “Iya kan?”

Menambahkan kalimat itu di setiap ujung pembicaraan menunjukan anda tidak punya pengetahuan luas. Lagi-lagi, menunjukan anda orang yang tidak percaya pada diri sendiri. Coba lebih mantap berbicara tanpa membubuhkan kalimat “Betul gak?” atau “Iya kan?” disetiap percakapan, tujuannya adalah untuk meyakinkan orang lain bahwa pembicaraan anda itu benar adanya dan tidak mengada-ada.

– Bersandarlah!

Anda tahu Donald Trump? coba cari di youtube banyak video tentangnya ketika sedang berbicara. Trump selalu menyandarkan badannya dikursi tempatnya duduk. Lawan bicara akan memandang anda orang yang pemberani dan relax. Setelah itu mereka akan mendengarkan semua yang anda bicarakan. Coba deh!

– Pastikan Tangan Anda Tidak Terlalu Banyak Bergerak

Banyak rekomendasi dari pakar komunikasi bahwa dengan menggerakan tangan menunjukan bahwa anda ekspresif. Namun kenyataannya itu salah! Menggerakan tangan terlalu sering menunjukan anda sedang membuang rasa grogi. Jadi gunakan gerakan tangan secukupnya pada saat awal anda berbicara, untuk melepaskan rasa gugup anda, setelah itu coba lah tenang.

– Keluarkan Suara Terdalam

Suara yang dalam ketika berkomunikasi memiliki kekuatan yang hebat. Banyak studi mengatakan perempuan lebih suka laki-laki yang memiliki suara yang dalam daripada yang lembut. Ini menunjukan kekuatan. Jadi coba atur suara anda ketika bertemu rekan bisnis atau teman kencan. Dijamin pertemuan anda akan berkesan!

– Jelaskan Sesuatu Dengan Padat dan Jelas!

Jelas dan padat menunjukan anda orang cerdas. Walaupun banyak orang mengatakan orang yang terlalu singkat berbicara menunjukan kekurangan pengetahuan. Namun kenyataannya, orang yang bicara jelas dan padat adalah orang-orang yang cerdas. Ketika anda ditanya “Apakah produk ini dapat membasmi serangga A, B, dan C?” daripada anda menjelaskan seperti “Ya, Produk ini sangat ampuh dengan zat yang ada didalamnya dapat membunuh serangga A, serangga B, atau serangga C”. Lebih baik anda menjawab seperti ini “Ya, Produk ini dirancang untuk membunuh semua jenis serangga”. Padat dan jelas, itu yang terpenting dalam komunikasi.

Jadi ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam berbicara, khususnya dalam gerak tubuh dan intonasi suara. Jangan bicara terlalu cepat, Jangan meminta peretujuan dengan “Iya kan?” atau “Bener gak?”, Jangan banyak melakukan gerakan, Bersandarlah, Pakai suara terdalam dan jelasakan sesuatu dengan padat dan jelas. Itulah yang perlu dilatih untuk menjadi pembicara yang menawan di hadapan siapapun. Selamat Berlatih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s